Strategi Penyerapan Dana Operasional (Operational Expenditure) Dalam Menangani Kualitas Linen Hotel Dengan Internal Dan Eksternal Laundry

Authors

  • Yeremia Ukru Politeknik Pariwisata Batam
  • Supardi Manajemen Divisi Kamar Politeknik Pariwisata Batam

Keywords:

loundry, buget, linen

Abstract

Dalam kualitas layanan perhotelan jasa yang sangat dibutuhkan salah satunya adalah jasa laundry baik itu didalam hotel maupun diluar hotel, tuntutan yang sangat tinggi dalam layanan laundry hotel sendiri dapat merubah kinerja staf dalam menangani linen yang ada di hotel, untuk itu tidak sedikit hotel menggunakan layanan laundry eksternal untuk menunjang kebutuhan, kecepatan, dan hasil yang efisien. Kualitas adalah kesesuaian dengan kebutuhan pelanggan. Produk atau layanan dianggap berkualitas jika dapat memenuhi harapan konsumen serta persyaratan dan standar yang telah ditentukan. Kualitas juga mencakup keunggulan yang dapat dirasakan pelanggan secara konsisten. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik wawancara lisan, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pengambilan data

References

Aksiwi, R. D., & Sagoro, E. M. (2014). Implementasi Metode Pembelajaran Course Review Horay Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Jurnal Penyesuaian. Jurnal

Pendidikan Akuntansi Indonesia, 12(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v12i1.5161

Alfanti, R. H. D., & Mansur, A. (2023). Peran Laundry Section Dan Room Boy Hotel. In

Badan Penerbit Stiepari ….

https://badanpenerbit.stiepari.org/index.php/stieparipress/article/view/167%0Ahttps://ba danpenerbit.stiepari.org/index.php/stieparipress/article/download/167/178

Azzahra, F., & Sari, W. Della. (2023). Tinjauan Penanganan Linen Kamar Oleh Laundry Section Pada Saat High Occupancy Di Hotel Hilton Bandung. … Pariwisata …, 4(1), 1–

7. https://ejournal.akparbundapadang.ac.id/index.php/jurnal-pariwisata-

bunda/article/view/95%0Ahttps://ejournal.akparbundapadang.ac.id/index.php/jurnal- pariwisata-bunda/article/download/95/49

Charismana, D. S., Retnawati, H., & Dhewantoro, H. N. S. (2022). Motivasi Belajar Dan

Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Indonesia: Kajian Analisis Meta. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 9(2), 99–113.

https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.18333

Mania, S. (2008). Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Pengajaran.

Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(2), 220–233. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n2a7

No Title. (2022). 2.

Noviastuti, N., & Jati, D. R. H. W. (2023). Strategi Linen Attendant Dalam Mengoptimalkan Penyediaan Linen Pada Saat High Season Di Hotel Grand Keisha Yogyakarta. Jurnal Nusantara, 6(2), 34–46.

Pendidikan, K., Kebudayaan, D. A. N., Negeri, P., Jurusan, M., Studi, P., & Manajemen, D. I.

V. (2022). Analisis Pengelolaan Linen Di Room Section Untuk

Meningkatkan Kinerja Room Attendant Di Sintesa Peninsula Hotel Manado.

Riani, N. (2021). Pariwisata Adalah Pisau Bermata 2. Jurnal Inobasi Penelitian, 2(5), 1469–

1474.

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Wardana, I. P. W., & Parwati, K. S. M. (2024). Analisis Pengelolaan Linen Housekeeping di Hotel. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 3(1), 67–71.

https://doi.org/10.22334/paris.v3i1.685

Yunita, & Devi Nurrahma. (2010). Efisiensi Kerja seorang Laundry Attendant dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan di Hotel Intercontinental Jakarta Midplaza.

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Ukru, Y., & Supardi. (2025). Strategi Penyerapan Dana Operasional (Operational Expenditure) Dalam Menangani Kualitas Linen Hotel Dengan Internal Dan Eksternal Laundry. Journal Manajemen Income, 1(1), 10–18. Retrieved from https://e-journal.wbe.co.id/index.php/income/article/view/2

Issue

Section

MARET 2025