Strategi Penyerapan Dana Operasional (Operational Expenditure) Dalam Menangani Kualitas Linen Hotel Dengan Internal Dan Eksternal Laundry
Keywords:
loundry, buget, linenAbstract
Dalam kualitas layanan perhotelan jasa yang sangat dibutuhkan salah satunya adalah jasa laundry baik itu didalam hotel maupun diluar hotel, tuntutan yang sangat tinggi dalam layanan laundry hotel sendiri dapat merubah kinerja staf dalam menangani linen yang ada di hotel, untuk itu tidak sedikit hotel menggunakan layanan laundry eksternal untuk menunjang kebutuhan, kecepatan, dan hasil yang efisien. Kualitas adalah kesesuaian dengan kebutuhan pelanggan. Produk atau layanan dianggap berkualitas jika dapat memenuhi harapan konsumen serta persyaratan dan standar yang telah ditentukan. Kualitas juga mencakup keunggulan yang dapat dirasakan pelanggan secara konsisten. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik wawancara lisan, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pengambilan data
References
Aksiwi, R. D., & Sagoro, E. M. (2014). Implementasi Metode Pembelajaran Course Review Horay Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Jurnal Penyesuaian. Jurnal
Pendidikan Akuntansi Indonesia, 12(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v12i1.5161
Alfanti, R. H. D., & Mansur, A. (2023). Peran Laundry Section Dan Room Boy Hotel. In
Badan Penerbit Stiepari ….
https://badanpenerbit.stiepari.org/index.php/stieparipress/article/view/167%0Ahttps://ba danpenerbit.stiepari.org/index.php/stieparipress/article/download/167/178
Azzahra, F., & Sari, W. Della. (2023). Tinjauan Penanganan Linen Kamar Oleh Laundry Section Pada Saat High Occupancy Di Hotel Hilton Bandung. … Pariwisata …, 4(1), 1–
7. https://ejournal.akparbundapadang.ac.id/index.php/jurnal-pariwisata-
bunda/article/view/95%0Ahttps://ejournal.akparbundapadang.ac.id/index.php/jurnal- pariwisata-bunda/article/download/95/49
Charismana, D. S., Retnawati, H., & Dhewantoro, H. N. S. (2022). Motivasi Belajar Dan
Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Indonesia: Kajian Analisis Meta. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 9(2), 99–113.
https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.18333
Mania, S. (2008). Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Pengajaran.
Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(2), 220–233. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n2a7
No Title. (2022). 2.
Noviastuti, N., & Jati, D. R. H. W. (2023). Strategi Linen Attendant Dalam Mengoptimalkan Penyediaan Linen Pada Saat High Season Di Hotel Grand Keisha Yogyakarta. Jurnal Nusantara, 6(2), 34–46.
Pendidikan, K., Kebudayaan, D. A. N., Negeri, P., Jurusan, M., Studi, P., & Manajemen, D. I.
V. (2022). Analisis Pengelolaan Linen Di Room Section Untuk
Meningkatkan Kinerja Room Attendant Di Sintesa Peninsula Hotel Manado.
Riani, N. (2021). Pariwisata Adalah Pisau Bermata 2. Jurnal Inobasi Penelitian, 2(5), 1469–
1474.
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Wardana, I. P. W., & Parwati, K. S. M. (2024). Analisis Pengelolaan Linen Housekeeping di Hotel. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 3(1), 67–71.
https://doi.org/10.22334/paris.v3i1.685
Yunita, & Devi Nurrahma. (2010). Efisiensi Kerja seorang Laundry Attendant dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan di Hotel Intercontinental Jakarta Midplaza.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yeremia Ukru

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.