Manajemen Troli Sebagai Strategi Efisiensi Operasional Room Attendant Pada Tingkat Hunian Hotel Di Pacific Palace Hotel Batam
Keywords:
Manajemen, Efisiensi, Strategi, Hunian, OperasionalAbstract
Tujuan Penelitian ini unutuk tingkat efisiensi penggunaan penempatan keuangan dalam strategi hunian tinggi dalam sebuah hotel dapat membawa sejumlah dampak signifikan terhadap operasionalnya. Dengan lebih banyak tamu yang harus dilayani, staf hotel seringkali harus bekerja lebih cepat dan lebih efisien untuk memenuhi kebutuhan semua tamu. Namun, hal ini bisa mengarah pada penurunan kualitas layanan jika tidak dikelola dengan baik. Untuk mengatasi tantangan-tantangan yang muncul akibat tingkat hunian tinggi, manajemen hotel perlu mengimplementasikan strategi-strategi yang efisien. Perencanaan yang cermat dalam alokasi sumber daya, pelatihan tambahan bagi staf untuk menangani lonjakan tamu, dan penggunaan teknologi untuk meningkatkan efisiensi operasional. Secara keseluruhan, tingkat hunian tinggi membawa tantangan signifikan bagi operasional hotel, namun dengan manajemen yang tepat dan strategi yang efektif, hotel dapat mengatasi kendala ini dan tetap menyediakan layanan berkualitas tinggi kepada tamu mereka. Selama periode hunian tinggi, keterbatasan sumber daya seperti troli, perlengkapan pembersihan, dan bahan habis pakai menjadi masalah yang signifikan. Hal ini termasuk perencanaan yang cermat dalam alokasi sumber daya, pelatihan tambahan bagi staf untuk menangani lonjakan tamu, dan penggunaan teknologi untuk meningkatkan efisiensi operasional. Ini mencakup penempatan barang-barang yang paling sering digunakan di bagian atas dan mudah dijangkau. Namun, dalam konteks tingkat hunian tinggi, persepsi room attendant terhadap pengelolaan troli dapat berubah. Saat hotel mengalami tingkat hunian tinggi, troli sering menjadi terbatas dan sulit untuk diatur dengan baik
References
Aksiwi, R. D., & Sagoro, E. M. (2014). Implementasi Metode Pembelajaran Course Review Horay Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Jurnal Penyesuaian. Jurnal
Pendidikan Akuntansi Indonesia, 12(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v12i1.5161
Alfanti, R. H. D., & Mansur, A. (2023). Peran Laundry Section Dan Room Boy Hotel. In
Badan Penerbit Stiepari ….
https://badanpenerbit.stiepari.org/index.php/stieparipress/article/view/167%0Ahttps://ba danpenerbit.stiepari.org/index.php/stieparipress/article/download/167/178
Azzahra, F., & Sari, W. Della. (2023). Tinjauan Penanganan Linen Kamar Oleh Laundry Section Pada Saat High Occupancy Di Hotel Hilton Bandung. … Pariwisata …, 4(1), 1–
7. https://ejournal.akparbundapadang.ac.id/index.php/jurnal-pariwisata-
bunda/article/view/95%0Ahttps://ejournal.akparbundapadang.ac.id/index.php/jurnal- pariwisata-bunda/article/download/95/49
Charismana, D. S., Retnawati, H., & Dhewantoro, H. N. S. (2022). Motivasi Belajar Dan
Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Indonesia: Kajian Analisis Meta. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 9(2), 99–113.
https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.18333
Mania, S. (2008). Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Pengajaran.
Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(2), 220–233. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n2a7
No Title. (2022). 2.
Noviastuti, N., & Jati, D. R. H. W. (2023). Strategi Linen Attendant Dalam Mengoptimalkan Penyediaan Linen Pada Saat High Season Di Hotel Grand Keisha Yogyakarta. Jurnal Nusantara, 6(2), 34–46.
Pendidikan, K., Kebudayaan, D. A. N., Negeri, P., Jurusan, M., Studi, P., & Manajemen, D. I.
V. (2022). Analisis Pengelolaan Linen Di Room Section Untuk
Meningkatkan Kinerja Room Attendant Di Sintesa Peninsula Hotel Manado.
Riani, N. (2021). Pariwisata Adalah Pisau Bermata 2. Jurnal Inobasi Penelitian, 2(5), 1469–
1474.
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Wardana, I. P. W., & Parwati, K. S. M. (2024). Analisis Pengelolaan Linen Housekeeping di Hotel. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 3(1), 67–71.
https://doi.org/10.22334/paris.v3i1.685
Yunita, & Devi Nurrahma. (2010). Efisiensi Kerja seorang Laundry Attendant dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan di Hotel Intercontinental Jakarta Midplaza.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 M. Faredz Falky, Supardi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.